Cara Import Konten dari Blogger Ke WordPress

Diposting pada
Cara Import Konten dari Blogger Ke WordPress

Blogger adalah sistem manajemen konten (CMS) yang terkenal dan langsung. Ketika seseorang memutuskan untuk memulai sebuah blog, kemungkinan besar Blogger akan menjadi pilihan pertama di antara situs blog gratis lainnya . Tidak ada yang salah atau aneh dengan keputusan itu.

Platform ini dimiliki & dijalankan oleh Google, Anda hanya perlu beberapa klik untuk menyiapkan dasar-dasarnya, dan jangan lupa fakta bahwa ini sepenuhnya gratis.

Meskipun panduan ini akan mengajari Anda cara mentransfer semuanya ke WordPress yang dihosting sendiri yang kami sukai, jangan merasa bersalah memilih Blogger untuk permulaan awal Anda.

Tetapi jika Anda sudah membuka panduan ini, kemungkinan besar Anda ingin pindah dari Blogger. Mungkin Anda ingin lebih serius tentang blogging, dan platform gratis saja tidak cukup baik.

Mungkin Anda menginginkan lebih banyak opsi penyesuaian atau Anda baru saja mengetahui bahwa sulit menghasilkan uang dengan menjalankan blog di Blogger.

Apapun alasan yang Anda miliki, kami menyambutnya. Ya, Blogger adalah platform lucu yang sempurna untuk pemula, tetapi sekarang setelah Anda berkembang, Anda harus mempertimbangkan untuk beralih ke WordPress. Mengapa?

  1. Memiliki situs WordPress yang dihosting sendiri membuat Anda bertanggung jawab. Anda akan memiliki situs, domain, dan seluruh konten. Praktis tidak ada batasan, dan Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dari blog Anda
  2. WordPress menghitung puluhan ribu tema dan plugin gratis & premium yang dapat Anda gunakan
  3. Situs WordPress yang dihosting sendiri sepenuhnya dapat disesuaikan (saat Anda melepaskan tirai, Anda akan mendapatkan akses ke dunia backend yang sama sekali baru)
  4. Saat Anda menghosting sendiri dengan perusahaan hosting terkenal, Anda akan memiliki penyimpanan, bandwidth, dan dukungan tidak terbatas

Cara Migrasi Website Dari Blogger Ke WordPress

Jadi, apakah Anda sudah membuat keputusan akhir untuk memindahkan Website? Tidak, jangan terlalu memikirkannya sekarang! Kami menyambut baik keputusan Anda – memulai situs WordPress yang dihosting sendiri adalah pilihan cerdas dan Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari pada yang Anda kira.

Karena Anda telah menginvestasikan begitu banyak waktu ke Blogger, sayang sekali jika Anda melupakannya. Meskipun tidak ada gunanya mentransfer beberapa posting dan gambar, kemungkinan besar Anda telah mengabdikan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum menyadari manfaat WordPress.

Jangan khawatir; jika Anda tetap bersama kami, kami akan menunjukkan cara mentransfer blog Anda dari Blogger ke WordPress dalam waktu singkat.

Apa yang harus & akan Di Pindahkan?

  • Posting & Halaman
  • Komentar
  • Kategori
  • Media
  • Tautan permanen
  • Fotter
  • Penulis
  • Traffic

Mulai Migrasi Blogger ke WordPress

Baiklah, kita siap untuk pergi. Meskipun pasti membutuhkan waktu untuk melakukan setiap langkah dengan benar, memindahkan blog Anda dari Blogger ke WordPress tidaklah sesulit itu bahkan jika Anda benar-benar pemula. Jangan terburu-buru dan jangan lewati setiap langkah.

Pilih hosting WordPress yang terbaik


Karena Anda pindah ke WordPress yang dihosting sendiri, langkah pertama adalah menemukan perusahaan hosting WordPress yang akan mengurus file Anda. Anda perlu menginstal WordPress di host itu, dan Anda harus mempercayai perusahaan. Anda memulai blog yang serius sekarang, jadi Anda tidak boleh menerima begitu saja.

Ada banyak perusahaan hosting yang menyediakan layanan hosting WordPress. Juga, ada ratusan (jika tidak lebih) situs web yang membandingkannya. Tetapi sebelum Anda menekan tombol pencarian di Google atau mesin pencari lain pilihan Anda untuk mulai membaca semua review, kami harus memperingatkan Anda bahwa banyak situs & review dibayar. Jadi, Anda akhirnya akan membaca ulasan palsu dan opini palsu tentang perusahaan hosting yang membayar untuk terdaftar sebagai yang terbaik.

Pasang WordPress di Hosting anda

Setelah anda membeli Hosting, Selanjutnya anda menginstall CMS wordpress di hosting anda dan jangan lupa memindahkan nameservers domain anda ke hosting anda, berikut caranya : Cara menambah domain ke hosting yang sama dan CARA MIGRASI WEBSITE TANPA DOWNTIME DAN PROPAGASI.

Masuk Ke Cpanel >> Software >> Install WordPress > Install

Pilih nama domain untuk menginstalnya (di bidang di sebelahnya, Anda dapat memasukkan subfolder seperti ‘blog’ atau biarkan kosong jika Anda ingin halaman utama situs adalah blog).


Sekarang klik “opsi lanjutan” jika Anda ingin mengubah alamat email, nama pengguna, dan kata sandi untuk instalasi WordPress baru
Baca lisensi dan perjanjian layanan dan centang kotak jika Anda setuju dengan semuanya (Anda harus setuju untuk melanjutkan).

Klik tombol Instal Sekarang (Install Now) Ini jelas merupakan cara termudah untuk menginstal WordPress. Jika Anda hanya mencoba memindahkan blog secepat mungkin, kami menyarankan cara itu.

Migrasi Data Situs Anda Secara Manual dari Blogger Ke WordPress

Selanjutnya, Migrasi konten situs Anda dari Blogger ke WordPress secara manual:

  • Dari Dashboard Blogger pergi ke Settings -> Other.
  • Di bagian Import & Backup (impor dan cadangkan) >> pilih backup content (Cadangkan Konten) >> Save (Simpan ke komputer Anda) >> File XML akan di unduh secara otomatis ke perangkat Anda.
mencadangkan konten blogger ke wordpress

Setelah anda mendownload file xml selanjutnya anda pergi ke wp admin >> Plugin >> dan install Plugin One Click Demo Import.

untuk cara install Plugin, ikuti cara ini : Cara Menambah, Mengunggah dan menghapus Plugin di WordPress.

Setelah install Plugin tersebut pergi ke Tools >> Import.

Selanjutnya pada Bagian sub Blogger klik Install Now.

Install Now Importer blogger
Install Now Importer blogger
Run Importer
Run Importer

Setelah anda klik Run Importer, kemudian Upload File xml blogger ke wordpress anda.

Bila gagal meng-upload file xmlnya karena ukuran maksimal uploadnya cuma 2mb. Anda bisa meningkatkan kapasitas uploadnya dengan mengikuti cara berikut :CARA MENGATASI ERROR SAAT INSTALL PLUGIN DI WORDPRESS . cara ini selain untuk meningkatkan kapasitas upload file plugin, media dan lainnya juga bisa meningkatkan kapasitas upload file import.

Setelah berhasil Upload File xmlnya, Tetapkan Seorang Penulis dan tunggu hingga proses selesai.

Impor file xml selesai
Impor file xml selesai

Setelah Berhasil Meng-import Konten dari Blogger ke wordpress, Selanjutnya anda harus meng-edit atau merubah isi konten, Permalink, Stuktur halaman dan artikel yang ada pada wordpress anda agar menjadi lebih baik dan bagus tentunya..

Catatan

Jika anda melakukan Redirect dari Blogger ke wordpress itu akan sangat merepotkan dan rumit, jadi menurut saya lebih baik anda menata ulang kembali konten yang telah anda impor ke wordpress.

Cara Import Konten dari Blogger Ke WordPress

Dukung Kami Di Ikhwanfillah.com dan Tirinfo.com

One thought on “Cara Import Konten dari Blogger Ke WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *