Cara Menambahkan Tag Hreflang dengan mudah

Diposting pada
Cara Menambahkan Tag Hreflang
Cara Menambahkan Tag Hreflang

Cara Menambahkan Tag Hreflang di WordPress dengan Mudah

Apakah Anda ingin menambahkan tag hreflang di posting dan halaman WordPress Anda? Jika Anda mempublikasikan konten dalam beberapa bahasa atau untuk wilayah berbeda, maka tag hreflang membantu Anda meningkatkan SEO untuk wilayah dan bahasa tersebut.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan tag hreflang dengan mudah di WordPress. Kami juga akan mengajari Anda cara menambahkannya ke halaman Anda secara manual serta dengan menggunakan plugin.

Salah satu aspek tersulit dalam membuat situs multibahasa adalah memastikan mesin pencari mengindeks konten Anda dengan benar. Untuk mewujudkannya, crawler perlu memahami bahwa ada beberapa versi dari setiap halaman, masing-masing dalam bahasa yang berbeda. Di situlah tag hreflang WordPress berguna.

tag hreflang tidak melekat pada situs WordPress. Namun, mereka mudah diterapkan menggunakan Sistem Manajemen Konten (CMS – Content Manajemen System) ini. Anda dapat melakukannya dengan atau tanpa plugin, tergantung pada pendekatan yang ingin Anda lakukan.

Apa itu tag hreflang?

Tag hreflang memungkinkan Anda memberi tahu mesin pencari halaman mana yang akan ditampilkan untuk wilayah dan bahasa tertentu. Anda juga dapat menggunakannya untuk menentukan variasi lain dari konten yang sama dalam bahasa berbeda.

Tag hreflang  adalah cuplikan kode sederhana yang ditempatkan dalam header HTML Anda. Mereka memberi tahu mesin pencari, bahasa apa yang Anda gunakan pada halaman tersebut.

Berikut adalah tampilan penerapan tag hreflang di HTML :

<link rel="alternate" href="example.com" hreflang="id-id" />
<link rel="alternate" href="example.com/en-us/" hreflang="en-us" />
<link rel="alternate" href="example.com/en-ca/" hreflang="en-ca" />

Idealnya, Anda akan menggunakan tag hreflang di ketiga skenario berikut:

  • Konten situs web Anda dalam berbagai bahasa.
  • Anda memiliki laman web yang menggunakan variasi bahasa yang sama, seperti bahasa Inggris Amerika dan Inggris.
  • Situs web Anda menggunakan kombinasi berbagai bahasa dan variasi regional.

Tanpa tag hreflang , pengguna yang menemukan konten Anda melalui mesin telusur mungkin tidak melihat hasil dalam bahasa mereka sendiri. Demikian pula, jika mereka mengeklik tautan Anda, mereka akan melihat konten Anda dalam ‘default’ atau bahasa aslinya .

Beberapa dari pengguna tersebut mungkin cukup paham untuk menemukan pengalih bahasa Anda sehingga mereka dapat membaca konten Anda. Namun, banyak dari mereka yang tidak mengerti. Ini berarti bahwa tidak menambahkan tag hreflang ini dapat merugikan pengguna Anda. Untungnya, menerapkan tag hreflang di WordPress sangat sederhana.

Cara Menambahkan Tag hreflang di WordPress Tanpa Plugin

Ada dua cara untuk menambahkan tag hreflang di WordPress tanpa plugin yaitu dengan menambahkan Tag hreflang ke Header HTML Anda atau dengan menambahkan Tag hreflang Dalam Peta Situs (sitemap) XML Anda. Mari kita mulai dengan pendekatan yang paling mudah.

1 . Cara Menambah Tag hreflang  ke Header.php

Setiap tema WordPress memiliki file header.php , yang dapat Anda edit. Jika Anda ingin menambahkan tag hreflang di WordPress tanpa plugin, cara tercepat adalah pergi ke dasbor Anda dan arahkan ke Appearance >> Theme Editor atau Tampilan >> Penyunting Tema . Di sini, cari file header.php di sidebar sebelah kanan:

Perhatikan bahwa kami telah menyorot konten tag head pada tangkapan layar di atas. Di sinilah Anda menambahkan tag hreflang Anda .

Misalnya, jika Anda menerjemahkan situs web Anda dari bahasa indonesia ke dalam bahasa Inggris. Anda akan menambahkan yang berikut ini setelah < head > dan sebelum < /head > :

<link rel = "canonical" href = "http://website.com"> 

<link rel = "alternate" href = "http://websitekamu.com" hreflang = "x-default"> 

<link rel = " alternatif "href =" http://websitekamu.com "hreflang =" id-id "> 

<link rel =" alternate "href =" http://websitekamu.com "hreflang =" en-us ">

Dalam cuplikan kode ini, kami menggunakan dua elemen baru yang belum Anda lihat. Baris pertama menetapkan versi ‘kanonis’ dari konten Anda, yang akan menjadi setiap halaman dalam bahasa aslinya.

Baris kedua menyertakan tag x-default , yang memberi tahu mesin telusur versi mana dari situs web Anda yang akan ditampilkan jika mereka tidak dapat menemukan versi yang cocok dengan bahasa pilihan pengguna. Menyertakan tag ini dianggap sebagai praktik terbaik dalam hal tag hreflang , yang akan kita bahas lebih lanjut nanti di pos ini.

Meskipun pendekatan ini cepat, namun juga memiliki kelemahan. Kecuali Anda menggunakan  child theme, setiap tag hreflang yang Anda tambahkan ke file header.php akan hilang saat Anda memperbarui tema Anda. Oleh karena itu, kami biasanya tidak merekomendasikan pendekatan ini untuk situs WordPress.

2 . Cara Menambah Tag hreflang  ke Peta Situs (Sitemap)

Peta situs XML adalah dokumen yang dapat Anda kirimkan ke mesin pencari yang menyertakan semua halaman dan file dalam situs web Anda. Seperti namanya, ini adalah peta yang memastikan semua elemen utama situs Anda (dengan alasan) dirayapi dan diindeks.

Peta Situs sangat berguna untuk situs web multibahasa , karena memungkinkan Anda untuk menunjukkan semua versi yang ada dari setiap halaman. Berikut adalah contoh singkat tampilan tag hreflang di dalam peta situs:

<url>

<loc>http://websitekamu.com</loc>

<xhtml:link rel="alternate" "hreflang="id-id" href="http://websitekamu.com/id/"/>
</url>

<url>

<loc>http://websitekamu.com/es/</loc>

<xhtml:link rel="alternate" hreflang="en-us" href="http://websitekamu.com/"/>

Struktur tag hreflang berubah saat Anda beralih dari file HTML ke XML. Namun, logika yang mendasarinya tetap sama – tag hreflang bersifat dua arah, yang berarti Anda perlu menambahkan sebanyak mungkin variasi bahasa di situs Anda.

Bisa dibilang, pendekatan ini dapat mempercepat waktu pemuatan di situs web Anda karena Anda tidak menambahkan kode secara langsung dalam HTML Anda. Namun, dalam praktiknya, dampaknya hampir selalu dapat diabaikan.

Bagaimanapun, lebih aman untuk mengedit peta situs Anda dari pada memodifikasi file tema Anda. Namun, semakin banyak bahasa yang digunakan situs web Anda, semakin kompleks penerapannya.

Baca juga : CARA MEMBUAT DAN MEMASANG ADS.TXT DI WORDPRESS

Cara Menambahkan Tag hreflang di WordPress dengan Plugin Multilingual (Terjemahan) WordPress

Ada banyak Plugin Multi Bahasa (Terjemahan) yang bisa anda gunakan, Saran dari saya yaitu carilah Plugin yang paling banyak di gunakan dengan rating yang tinggi.

Dengan Menginstall Plugin Multi bahasa ini sangat membantu Jika Blog atau situs kamu di tujukan ke banyak bahasa dengan Penerapan yang sangat Komplek.

Untuk Lebih mudahnya dalam penerapannya yaitu pergi ke Plugin >> add now atau Plugin >> tambah baru. pada bagain Search Plugin ketik hreflang, anda akan melihat banyak sekali Plugin multi bahasa yang bisa digunakan secara gratis. Pilih Plugin yang paling banyak di gunakan dan memiliki rating tinggi.

Untuk Plugin multi bahasa saya merekomendasikan menggunakan Plugin TranslatePress.

Praktik Terbaik Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) untuk Tag hreflang 

Terlepas dari pendekatan mana yang Anda ambil saat mengimplementasikan tag hreflang , ada beberapa pedoman dasar yang harus Anda ikuti. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, menggunakan tag x-default adalah salah satunya.

tag x-default memberi tahu mesin pencari versi mana dari situs web Anda yang harus mereka tampilkan jika mereka tidak dapat menemukan varian tertentu yang cocok dengan bahasa pilihan pengguna.

Selain itu, agar tag hreflang berfungsi, tag tersebut harus bersifat timbal balik. Jika Anda menjelajahi situs web versi bahasa indonesia, itu harus menyertakan tag yang mengarah ke bahasa alternatifnya dan sebaliknya.

Mesin pencari tidak akan mengenali tag hreflang jika tidak ada tautan timbal balik. Hal ini mencegah pesaing membuat tag untuk memberikan halaman mereka sebagai versi alternatif dari konten Anda.

Terakhir cara menambahkan tag hreflang dengan mudah di WordPress., penerapan tag hreflang yang tepat mengharuskan Anda menggunakan kode negara dan bahasa tertentu. Dalam banyak kasus, kode tersebut terbukti dengan sendirinya. Namun, jika Anda akan menambahkan tag hreflang secara manual, sebaiknya periksa ulang dengan merujuk ke nomenklatur standar ISO 639-1 .

Jika anda hanya menargetkan pada 1 Bahasa dan wilayah saja pada situs atau website anda, anda tidak perlu menambahkan Tag rel=”alternate” dan juga Plugin multi bahasa. ini hanya berlaku jika anda menargetkan pada mesin pencari untuk trafik dari berbagai bahasa dan wilayah.

cara menambahkan tag hreflang dengan mudah di WordPress

Dukung Kami Di Ikhwanfillah.com dan Tirinfo.com

One thought on “Cara Menambahkan Tag Hreflang dengan mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *