Cara mengganti Tema (Themes) di WordPress

Diposting pada
Cara mengganti Theme di WordPress

Cara mengganti Tema (Themes) di WordPress – Tema WordPress memainkan peran penting di situs Anda. Mereka menciptakan tampilan dan nuansa seluruh situs Anda hanya dengan beberapa klik, tanpa perlu pengkodean. Anda dapat menemukan tema gratis di direktori WordPress, atau menginstal tema premium dari situs pihak ketiga.

Cara mengunggah (UploadTema (Themes) di WordPress

Banyak tema gratis yang ideal bagi mereka yang ingin mengutak-atik kode mereka, tetapi tema berbayar menawarkan dukungan ekstra dan lebih banyak fitur untuk situs web yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan direktori tema WordPress

Jika Anda belum memilih tema, buka direktori tema WordPress. Ini memegang tema WordPress resmi , yang telah diperiksa dan diperiksa berdasarkan pedoman tema WordPress. Mereka juga gratis untuk diunduh. Ada ribuan tema di direktori; di sinilah fungsi pencarian tema WordPress berguna.

Mengupload tema wordpress yang baru

Gunakan bilah pencarian tema jika Anda tahu nama atau gaya tema yang Anda inginkan. Filter Fitur dalam fungsi pencarian tema akan mempersempit hasil. Anda dapat memilih format tata letak pilihan Anda, fitur mana yang Anda butuhkan, dan subjek situs Anda. Anda mungkin mencari tata letak satu kolom untuk blog fotografi yang menampilkan latar belakang animasi, misalnya.

Anda mungkin ingin menelusuri inspirasi menggunakan tab Tema Unggulan, Tema Paling Populer, dan Tambahan Terbaru ke direktori. Untuk opsi lainnya, gunakan pencarian tema untuk menelusuri tema GPL yang didukung secara komersial . Layanan berbayar ini mencakup lebih banyak dukungan dan sepenuhnya sesuai dengan Lisensi Publik Umum WordPress .

Pemasangan tema WordPress

Install Theme di WordPress, Sebelum Anda dapat meningkatkan situs Anda dengan tema, Anda perlu menginstal dan mengaktifkannya di admin WordPress Anda. Ini adalah langkah dasar untuk sebagian besar tema:

  1. Masuk ke halaman admin WordPress Anda, lalu buka Penampilan (Appearance) dan pilih Tema (theme) .
  2. Untuk menambahkan tema, klik Tambah Baru (Add New) . Dari halaman ini, Anda memiliki dua cara untuk menambahkan tema baru. Jika Anda mengetahui nama tema yang Anda inginkan, cari di direktori Tema. Jika Anda tidak tahu nama tema pilihan Anda, gunakan Filter Fitur (Feature Filter) untuk mempertajam pilihan Anda, centang semua tag dan klik Terapkan Filter (Apply Filter) untuk layar yang berisi tema yang memenuhi kriteria pencarian Anda.
  3. Untuk membuka kunci opsi tema, arahkan kursor ke atasnya; Anda dapat memilih Preview untuk melihat demo tema atau menginstalnya dengan mengklik tombol Install setelah Anda siap. Setelah terinstal, klik link Activate .
  4. Anda sudah selesai, sekarang pratinjau situs Anda untuk melihat tampilannya.
Mencari Tema yang sesuai di direktori WordPress
Mencari Tema yang sesuai di direktori WordPress
Feature Filter
Feature Filter untuk mencari Tema secara lebih terperinci

Kami merekomendasikan membaca semua instruksi yang menyertai tema pilihan Anda terkait instalasi. Beberapa tema akan membutuhkan lebih banyak langkah daripada yang lain, melampaui langkah-langkah dasar yang dibahas di sini. Ikuti instruksi yang diberikan, dan jika Anda mengalami masalah, hubungi penulis tema (Developer Theme) untuk bantuan.

Unduh tema WordPress

Download Theme WordPress, Jika Anda membeli tema dari pengembang (Developer) yang beroperasi di luar direktori tema WordPress, Anda perlu mengunggahnya sebelum menginstal. Ikuti petunjuk sederhana ini untuk mengunggah dan memasang tema.

Mulailah dengan mengunduh file tema .zip dari sumbernya ke komputer lokal Anda.

Dari area Administrasi WordPress Anda, buka Tampilan (Appearance) >> Tema (Themes) dan klik Tambah Baru (Add New).

Menambah Tema baru

Layar Add New theme memiliki opsi baru, Unggah Tema (Upload Theme).

Upload Theme

Formulir pengunggahan tema sekarang terbuka, klik Pilih File , pilih file zip tema di komputer Anda dan klik Instal Sekarang (Install Now).

Upload Themes
Upload Themes

Tema sekarang siap untuk diaktifkan dari admin Anda. Pilih tab Tampilan (Appearance) dan buka direktori Themes, cari temanya dan klik link Activate.

Setelah Di Upload bisa langsung di aktifkan dengan mengklik Active / Aktifkan
Setelah Di Upload bisa langsung di aktifkan dengan mengklik Active / Aktifkan
Setelah Di Upload bisa langsung di aktifkan dengan mengklik Active / Aktifkan
Setelah Di Upload bisa langsung di aktifkan dengan mengklik Active / Aktifkan

Cara menginstal tema WordPress menggunakan FTP


Jika Anda memiliki tema WordPress di komputer lokal Anda, Anda dapat menginstalnya menggunakan File Transfer Protocol (FTP). Dengan menggunakan metode ini ada risiko menghapus atau memodifikasi file, yang dapat membuat situs Anda offline. Untuk alasan ini, kami menyarankan agar hanya pengguna tingkat lanjut yang memasang tema dengan cara ini. Untuk menggunakan FTP untuk menambahkan tema baru secara manual, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Untuk memulai, Anda harus memiliki nama host FTP, nama pengguna (User) dan katasandi (Password), dan klien FTP (Claent FTP). Kami telah menggunakan klien FTP Filezilla untuk menunjukkan langkah-langkah dalam tutorial ini.
  2. Jalankan Filezilla, masukkan detail login Anda dan klik Quickconnect.
  3. Jendela berikut berisi Situs Jarak Jauh dan direktori akar (Directory Root adalah nama situs Anda). Pilih /rootdirectory/web/content/wp-content/themes.
  4. Di jendela Situs Lokal, pilih folder yang berisi tema yang Anda simpan, klik kanan untuk opsi lainnya dan tekan Unggah (Upload).
  5. Anda sekarang telah berhasil mengunggah tema Anda ke WordPress. Untuk menyelesaikan, masuk ke panel kontrol Anda, menuju ke Appearance> Themes dan arahkan mouse Anda ke tema baru. Sekarang klik Activate.
  6. Yang tersisa hanyalah memeriksa tema baru Anda dan melihat bagaimana Anda menyukai desain situs baru Anda.

Menerapkan template ke halaman individu


Sekarang tema Anda telah dipasang dan diaktifkan, Anda dapat mulai mengaturnya sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Langkah selanjutnya adalah mulai menerapkan template di tema ke halaman. Ini dapat ditangani hanya melalui Editor Halaman WordPress dengan mengikuti petunjuk berikut:

Buka Editor Halaman WordPress. Jika halaman Anda memiliki templat yang dapat diterapkan, Anda akan menemukannya tercantum di kotak Atribut Halaman di sebelah kanan konten Anda.

Pilih template, dan klik Preview untuk memutuskan apakah template tersebut sesuai dengan halaman Anda sebelum menyimpan.

Setelah Anda puas dengan templat halamannya, klik Publikasikan (Publish).

Mengubah tema WordPress dengan aman


Cukup mudah bagi pemilik situs baru untuk mengubah tema WordPress mereka, Anda hanya perlu memilih tema dan menginstalnya. Jika Anda memiliki situs WordPress yang mapan, mengubah tampilan seluruh situs web Anda adalah langkah besar. Kami sangat menyarankan untuk membuat cadangan (Backup) situs Anda sebelum melakukannya.

Mengubah tema bisa jadi mengintimidasi, tetapi itu tidak akan menghentikan Anda untuk merangkul tampilan baru untuk situs web Anda. Setelah Anda membuat cadangan, ikuti panduan ini untuk mempersiapkan perubahan tema.

Selalu perbarui tema

Selalu meng-update Themes, Catatan terakhir tentang tema adalah membuatnya tetap diperbarui. Dibutuhkan sedikit usaha untuk memperbarui tema inti WordPress. Memperbarui tema bermanfaat, setiap pembaruan menambahkan fitur dan peningkatan baru, seperti keamanan dan SEO yang lebih baik.

Baca juga : Cara menambah domain ke hosting yang sama

Ada kemungkinan bahwa dengan selalu memperbarui tema, Anda dapat menyebabkan beberapa masalah pada situs web Anda. Halaman yang disesuaikan dapat terpengaruh, dan pengaturan hilang selama pembaruan, misalnya. Untuk mengatasi ini, kami merekomendasikan tema anak. Ini memfasilitasi pembaruan tema yang sukses tanpa kehilangan modifikasi Anda. Ikuti panduan ini untuk memeriksa apakah tema Anda aman untuk diperbarui dengan tema anak.

Cara mengganti Tema (Themes) di WordPress

Dukung Kami Di Ikhwanfillah.com dan Tirinfo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *