Cara menggunakan Kategori di WordPress dengan Mudah

Diposting pada
Cara membuat, menambah dan menghapus Katagori di WordPress
Cara menggunakan Kategori di WordPress dengan Mudah

Cara membuat, menambah dan menghapus Kategori di WordPress

Cara menggunakan Kategori di WordPress dengan Mudah – Kategori WordPress adalah cara yang sangat nyaman untuk mengatur posting Anda. Anda dapat memiliki kategori induk dan anak, membuat pengaturan hierarki posting Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, satu postingan dapat ditempatkan di lebih dari satu kategori yang berbeda.

Ini memberi Anda banyak fleksibilitas untuk menampilkan dengan tepat posting yang Anda inginkan, persis seperti yang Anda inginkan di widget, menu, atau langsung di tema WordPress Anda.

Cara membuat kategori WordPress

Untuk membuat kategori baru di WordPress, buka halaman Post > Kategori.

Cara membuat kategori WordPress

Di sisi kiri halaman, Anda akan melihat tab yang memungkinkan Anda membuat kategori. Isi nama kategori, slug-nya (akan digunakan di URL kategori), deskripsi kategori kemudian tekan Tambah baru Kategori . Untuk keperluan tutorial ini, kami akan membuat kategori baru bernama Blogging.

kategori blogging

Sekarang kategori baru di WordPress Anda sudah siap. Sekarang, mari buat sub-kategori dari Kategori Blogging yang bernama Bloggers . Isi nama dan slug seperti yang Anda lakukan dengan kategori pertama tetapi kali ini pilih Blogging sebagai induk untuk kategori baru. Kemudian, tekan Tambah Kategori baru sekali lagi untuk menyimpan sub-kategori baru.

kategori bloggers

Cara menambahkan kategori ke postingan

Setelah Anda membuat struktur kategori, Anda dapat menambahkan kategori ke posting. Ada dua cara untuk melakukan ini. Yang pertama adalah membuka posting tertentu (atau menulis yang baru) dan menempatkan kotak centang di kategori yang ingin Anda tetapkan.

Pada Sub sebelah kanan pada saat membuat postingan, Klik Pengaturan >> Dokumen >> Kategori >> kemudian Centang Kategori yang di inginkan.

Cara menambahkan kategori ke postingan

Cara kedua adalah menambahkan kategori ke posting secara massal. Untuk melakukan ini, buka Postingan > kategori . Selanjutnya, pilih posting yang ingin Anda tambahkan ke kategori, klik pada tab Tindakan Massal , pilih Sunting dan terakhir tekan Terapkan .

Cara menambahkan kategori ke postingan

Beberapa bagian baru akan ditampilkan, memungkinkan Anda untuk mengedit pengaturan berbeda dari posting yang dipilih. Salah satunya adalah bagian Kategori . Pilih kategori tempat Anda ingin menambahkan posting itu dan klik Perbarui.

Cara menambahkan kategori ke postingan

Cara Menghapus kategori ke postingan

ada 2 cara yaitu 1. mencentang secara manual pada postingan, 2 menghapus kategori pada dasbor wordpress anda.

Mencentang Secara Manual pada Postingan, ketika anda telah membuat sebuah postingan atau sedang meng-edit nya. anda dapat menghapus kategori yang ada di postingan tersebut dengan meng-uncentang kategori yang ada pada sub Dukomen sebelah kiri pilih Kategori dan uncentang.

Cara menghapus kategori ke postingan

menghapus kategori pada dasbor wordpress anda. Pada bagian Dasbor >> Pos >> Kategori >> Hapus Kategori yang di inginkan.

Cara Menghapus kategori ke postingan

Selain itu anda dapat mengubah Nama dan mengedit Slug pada Kategori tersebut dengan meng-klik Sunting / edit atau Edit cepat / Quick Edit.

Cara Menghapus Uncategorized dan mengganti Kategori Default 

Pada Dasbor WordPress anda Klik Settings / Pengaturan >> Writing / Menulis >> Default Post Category / Kategori pos standar. kemudian ganti Uncategorized  dengan Kategori yang lain.

Setelah itu kembali ke Post / Pos >> Kategori / Category Kemudian Delete / Hapus Kategory Uncategorized .

Baca Juga : CARA MENGETAHUI BERAPA (ARTIKEL) HALAMAN WEBSITE YANG TERINDEKS OLEH GOOGLE

Cara menggunakan Kategori di WordPress dengan Mudah

Dukung Kami Di Ikhwanfillah.com dan Tirinfo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *