Keberkahan dalam Membaca, Mempelajari dan Mengamalkan Al Qur’an

Diposting pada

Al Qadhiy Adh Dhiyaa Al Maqdasiy rahimahullah berkata : ” Al ‘Imaad Al Maqdasiy berwasiat kepada saya dengan berkata : ” Perbanyaklah membaca Al Qur-an dan jangan meninggalkannya karena engkau akan dipermudah dengan sebab kadar bacaan Al Qur-an mu.”

Berkata Adh Dhiyaa : ” Dan aku lihat ketika aku memperbanyak membaca Al Qur-an, maka Allah mudahkan atas diriku untuk mampu mendengar (menghafal hadits) dan mampu untuk banyak menulis, dan apabila aku tidak membaca Al Qur-an maka tidak menjadi mudah untukku.” ( Dzail Thabaqaat Al Hanabilah 3/205 )

Asy Syaikh Al Amin Asy Syanqithiy rahimahullah berkata :


هذا الكتاب مبارك، أي: كثير البركات والخيرات، فمن تعلمه وعمل به غمرته الخيرات في الدنيا والآخرة؛ لأن ما سماه الله مباركاً فهو كثير البركات والخيرات قطعا.
وكان بعض علماء التفسير يقول: اشتغلنا بالقرآن فغمرتنا البركات والخيرات في الدنيا، تصديقا لقوله: {كتاب أنزلناه مبارك}. (العذب النمير 7/1)

Kitab yang mubaarak ini ( Al Qur-an ) – yakni banyak kebaikannya, siapa yang mempelajari dan mengamalkannya maka akan mendapatkan kebaikan yang banyak di dunia dan di akhirat. Dengan sebab itulah Allah Ta’ala menamakan Al Qur-an dengannya, karena kebaikan yang amat banyak didalamnya.

Dan sebagian ulama ahli tafsir berkata : ” Saya menyibukkan diri dengan Al Qur-an maka saya mendapatkan banyak kebaikan di dunia, benarlah firman Allah Ta’ala : كتاب أنزلناه مبارك ( Kitab yang Dia turunkan dan penuh barokah ).” ( Al Adzbun Namiir 1/7 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *